Komisi Pemberantasan Korupsi menggelar Akademi Jurnalistik Lawan Korupsi yang merupakan kelas intensif selama lima hari yang akan diisi materi-materi yang dibutuhkan dalam mempublikasikan isu pemberantasan korupsi. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas publik terkait dengan isu korupsi. Tujuan selanjutnya adalah agar publik bisa semakin berperan serta dalam pemberantasan korupsi bersama KPK dengan mempublikasikan isu-isu pemberantasan korupsi. 

Akademi Jurnalistik Lawan Korupsi merupakan program untuk 30 peserta terpilih dari berbagai latar belakang, yakni jurnalis, jurnalis warga, komunitas, dan akademisi. Salah satu syarat untuk menjadi peserta adalah pernah mempublikasikan artikel/karya terkait dengan isu pemberantasan korupsi. 

Siapa yang dapat melamar beasiswa?

  1. Seluruh warganegara Indonesia berusia 22-35 tahun
  2. Memiliki integritas dan berkomitmen terhadap nilai-nilai antikorupsi
  3. Pernah mempublikasikan tulisan/karya terkait dengan pemberantasan korupsi
  4. Bersedia mengikuti kelas intensif dan karantina selama lima hari di Jakarta

 

Apa itu jalur afirmasi?

  1. Jalur afirmasi adalah kuota khusus sebanyak 4 orang yang diberikan untuk peserta yang berasal dari wilayah Indonesia Timur. 

 

Apa saja yang akan diberikan KPK untuk peserta?

  1. Tiket transportasi dua arah dari daerah asal peserta ke Jakarta.
  2. Akomodasi peserta selama di Jakarta
  3. Beasiswa pelatihan sebesar Rp3.500.000
  4. Apresiasi uang tunai untuk peserta dengan tugas akhir terbaik

 

Bagaimana cara mendaftar?

  1. Mengirimkan dokumen persyaratan berupa KTP, riwayat hidup/curriculum vitae, contoh tulisan yang sudah di publikasi berikut link publikasinya ke Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya. dengan subjek Pendaftaran AJLK 2020 selambatnya 15 Juli 2020

  2. Mengikuti proses seleksi selanjutnya

 

Bagaimana proses seleksinya?

  1. Proses pertama adalah seleksi administrasi yakni pendaftar diminta mengirimkan dokumen persyaratan berupa KTP, riwayat hidup/curriculum vitae, contoh tulisan ke Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya. selambatnya 15 Juli 2020
  2. Proses kedua adalah pengerjaan soal secara daring
  3. Selanjutnya, pendaftar yang lolos akan diminta membuat motivation letter yang berisi motivasi dan alasannya mengikuti Akademi Jurnalistik Lawan Korupsi
  4. Terakhir, pendaftar akan melalui tahap wawancara secara daring

 

Bagaimana proses setelah peserta diterima?

  1. Peserta akan dihubungi pihak panitia untuk mengurus tiket transportasi dan akomodasi selama di Jakarta
  2. Peserta terpilih akan mengikuti pelatihan intensif di Jakarta selama lima hari dengan durasi kelas 8 jam setiap harinya
  3. Kelas pelatihan intensif akan berlangsung pada September 2020
  4. Peserta wajib mematuhi tata tertib selama program berlangsung

 

Untuk tambahan informasi, silahkan klik link berikut:

Webinar : Memahami Oligarki, Aspek Ketatanegaraan, Ekomomi, dan Politik Pemberantasan Korupsi

Gelar Webinar, KPK Resmi Buka Akademi Jurnalistik Lawan Korupsi 2020

Saya sudah mendaftar, lalu bagaimana proses selanjutnya?

Seluruh pendaftar akan mendapatkan email balasan. Email balasan ini akan memberitahu pendaftar terkait dengan kelengkapan syarat pendaftaran.

Kapan saya tahu lolos tahap administrasi atau tidak?

Pengumuman seleksi tahap administrasi akan dilakukan pada 3 Agustus 2020. Hasil seleksi akan diumumkan di situs KPK dan pendaftar yang lolos akan dihubungi melalui email. Email yang akan dihubungi adalah email yang digunakan saat mendaftar.

Saya sudah mendaftar, tapi masih mendapat email untuk melengkapi dokumen persyaratan, kapan batas waktu melengkapi dokumen yang kurang?

Mohon melengkapi dokumen pendaftaran paling lambat 2 hari setelah mendapat email pemberitahuan.

Saya sudah menyertakan seluruh dokumen yang disyaratkan saat pendaftaran, mengapa saya tidak lolos tahap administrasi?

KPK memiliki indikator penilaian tersendiri yang dirumuskan menjadi standar untuk menilai seluruh pendaftar yang masuk. Seluruh keputusan KPK terkait dengan seleksi hingga kelas intensif berlangsung, tidak bisa diganggu gugat.

Saya sudah lolos tahap administrasi, apa yang harus dilakukan selanjutnya?

Seluruh pendaftar yang lolos tahap administrasi selanjutnya harus mengikuti seleksi tahap selanjutnya, yakni pre-test daring terkait dengan materi pemberantasan korupsi. KPK akan menginformasikan rincian tentang tahap pre-test melalui email pendaftar yang lolos, pada 3 Agustus 2020.

Jadwal Seleksi

Tahap Administasi : 15 Juli – 3 Agustus 2020
Tahap Pre-test Daring : 10 Agustus 2020
Tahap Motivation Letter : 14-17 Agustus 2020
Tahap Wawancara : 27-31 Agustus 2020

Pengumuman Seleksi

Tahap Administasi : 3 Agustus 2020
Tahap Pre-test Daring : 13 Agustus 2020
Tahap Motivation Letter : 23 Agustus 2020
Tahap Wawancara : 4 September 2020

Terima kasih atas antusiasme para pendaftar untuk mengikuti Akademi Jurnalistik Lawan Korupsi 2020. Seluruh karya yang masuk kami apresiasi sebagai bentuk dari kepedulian publik terhadap gerakan antikorupsi dan kinerja Komisi Pemberantasan Korupsi.

Sebanyak 1.134 surat elektronik yang kami terima, kami teliti satu per satu. Gembira sekali rasanya melihat begitu banyak anak muda yang masih peduli dan mau berkarya untuk perubahan di sekitarnya.

Sayangnya, tak semua bisa ikut seleksi selanjutnya. Untuk para pendaftar yang belum lolos, kami undang untuk terus mengikuti serial diskusi online AJLK 2020 yang kami gelar hingga awal September mendatang.

Untuk para pendaftar yang lolos ke tahap selanjutnya, silakan mempersiapkan diri untuk mengikuti seleksi tahap selanjutnya, yakni pengerjaan soal terkait dengan pemberantasan korupsi, yang akan digelar pada 10 Agustus 2020 pukul 10.00 WIB.

Detil seleksi tahap selanjutnya akan disampaikan melalui email masing-masing.

Terima kasih atas antusiasmenya. Mari terus Satukan Diksi Merawat Negeri. 

Salam Antikorupsi!

 

 

 

NAMA PESERTA YANG LOLOS SELEKSI ADMINISTRASI AJLK 2020

 

Top