Rangkaian Kegiatan Peringatan Hari Antikorupsi Sedunia 2019

“Bersama Melawan Korupsi Mewujudkan Indonesia Maju”

Komisi Pemberantasan Korupsi  mengadakan serangkaian kegiatan untuk memperingati Hari Antikorupsi Sedunia 9 Desember 2019. Berbagai kegiatan mulai dari Festival musik, film dan rangkaian diskusi mewarnai peringatan Hakordia tahun ini. Masyarakat bisa turut berpartisipasi dalam kegiatan yang terbuka untuk umum. Silakan mengakses media sosial resmi yang dimiliki KPK untuk informasi lebih lanjut mengenai berbagai kegiatan ini.

Salam Antikorupsi!

JUMAT - SENIN | 6 - 9  DESEMBER

08.00-22.00   

Workshop Komunitas Antikorupsi “Sinergi dalam Pemberantasan Korupsi”

Kampus UI & Gedung Merah Putih KPK

 

Sebagai agen perubahan, peran aktif komunitas dan masyarakat antikorupsi dibutuhkan dalam upaya pencegahan korupsi. Workshop “Sinergi dalam Pemberantasan Korupsi” bertujuan untuk mendorong partisipasi komunitas dan masyarakat antikorupsi, selain itu sekaligus menjadi tempat untuk membangun jejaring antikorupsi.

JUMAT | 6 DESEMBER 
16.00-21.00  Festival SAKSI 2019 Gedung Merah Putih KPK

 

Digagas oleh Kanal KPK, sebagai bagian dari gerakan antikorupsi lewat karya lagu antikorupsi. Festival SAKSI 2019 merilis Album “B-Side” yang merupakan penghargaan atas kreativitas para musisi atas ide dan pesan dalam lagu antikorupsi yang mereka ciptakan.

18.00-21.00 Apresiasi Jurnalis Lawan Korupsi Gedung Merah Putih KPK
 

Pengumuman pemenang lomba “Apresiasi Jurnalis Lawan Korupsi 2019”

MINGGU | 8 DESEMBER
13.00-17.30

Screening ACFFest 2019

Ciputra Artpreneur

   Program ACFFest 2019 digagas sebagai wujud upaya pencegahan korupsi melalui media film dan dikemas menjadi sebuah kompetisi ide cerita film pendek berdurasi 10-15 menit dengan tagline “Muda Beraksi Antikorupsi”. Screening ACFFest 2019 akan menampilkan sepuluh film yang dibuat oleh finalis terpilih dari berbagai kota di Indonesia. 
18.30-22.00

Malam Penghargaan ACFFest 2019 & Dongeng Kebangsaan

Ciputra Artpreneur
  Menjadi puncak rangkaian kegiatan Hari Antikorupsi Sedunia (HAKORDIA) 2019 yang dilaksanakan oleh KPK. Selain menampilkan hasil karya para sineas muda, di tahun ini KPK mengusung Dongeng Kebangsaan yang sarat dengan nilai-nilai perjuangan.  
SENIN | 9 DESEMBER
09.00-12.00 Pembukaan Hari Antikorupsi Sedunia 2019 Gedung Merah Putih KPK
 

Puncak peringatan Hakordia yang dilaksanakan di Gedung Merah Putih KPK. Peringatan ini sebagai wujud bersama kontribusi Kementerian/Lembaga, Kepala Pemerintahan Daerah, Komunitas, dan pemangku kepentingan lainnya dalam upaya pemberantasan korupsi baik secara mandiri maupun bekerja sama dengan KPK.

 
08.00-17.00 Refleksi Tahunan JAGA Gedung C1 KPK
  

JAGA sebagai platform pencegahan korupsi milik KPK yang kian berkembang, mengajak para stakeholders sebagai bentuk tindak lanjut kolaborasi bersama dalam melihat progres, evaluasi, strategi kolaborasi, dan tantangan dalam mendorong keterbukaan informasi publik.

13.00-16.00

Festival Digital Media Pemerintah

Gedung Merah Putih KPK
  

Tantangan di era disrupsi informasi, serta untuk mengawal pelayanan informasi publik yang transparan dan akuntabel, maka KPK kembali mengadakan Festival Digital Media Pemerintah 2019 untuk semakin memperkuat kolaborasi dan sinergi antar Humas Pemerintah dengan tema “Optimalisasi Pemanfaatan Media Digital untuk Transparansi Informasi Layanan Publik”.

13.00-Selesai Lelang Eksekusi Barang Rampasan KPKNL Jakarta III
 

Komisi Pemberantasan Korupsi melaksanakan lelang barang rampasan melalui internet atau dikenal dengan open bidding. Lelang ini dilaksanakan dengan perantaraan Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Jakarta III. Peserta dapat mendaftarkan diri lewat situs https://www.lelang.go.id/

 
SELASA | 10 DESEMBER
09.00-16.00

Workshop Stakeholder Antikorupsi 

Gedung Merah Putih KPK dan Gedung C1 KPK

 

Rangkaian Workshop yang diselenggarakan oleh KPK yang melibatkan para stakeholders yakni Kementerian Lembaga, Pemerintah Daerah, Sektor Swasta, Media, Akademisi, serta Organisasi Masyarakat Sipil (CSO).

09.00-16.00

Festival Media Digital Pemerintah

Gedung C1 KPK
  

Tantangan di era disrupsi informasi, serta untuk mengawal pelayanan informasi publik yang transparan dan akuntabel, maka KPK kembali mengadakan Festival Digital Media Pemerintah 2019 untuk semakin memperkuat kolaborasi dan sinergi antar Humas Pemerintah dengan tema “Optimalisasi Pemanfaatan Media Digital untuk Transparansi Informasi Layanan Publik”.

RABU | 11 DESEMBER 
08.30-16.00 Seminar: Komitmen Antikorupsi Untuk Investasi Yang Lebih Baik Hotel Pullman Jakarta
  Seminar yang diadakan KPK dengan menghadirkan akademisi, ekonom, perwakilan pemerintah, serta ahli hukum pidana untuk membahas tentang dampak korupsi terhadap investasi, upaya dan reformasi antikorupsi, serta transparansi dan integritas di sektor publik dan swasta.
09.00-12.00 Diskusi Terfokus: Kajian KPK terkait Sistem Integritas Partai Politik (SIPP) dan Skema Pendanaan Parpol Gedung Merah Putih KPK
  

Dalam upaya penguatan partai politik, KPK bersama Kemendagri, Bappenas dan LIPI akan menyelenggarakan diskusi terfokus tentang kajian KPK terkait Sistem Integritas Partai Politik (SIPP) dan skema pendanaan parpol. 

RABU - JUMAT | 11 - 13 DESEMBER    
09.00-17.00 Temu Aksi Nasional Penyuluh Antikorupsi Gedung C1 KPK
  Forum yang digagas oleh Lembaga Sertifikasi Penyuluh KPK untuk berbagi pengalaman dan ide, penguatan kompetensi, serta penyusunan Panduan dan Rencana Aksi Penyuluh Antikorupsi.
JUMAT | 13 DESEMBER
08.30-16.00 Temu Konsolidasi Komite Advokasi Daerah (KAD) Se-Indonesia Gedung C1 KPK
 

KPK terus berupaya mendorong praktik bisnis yang bersih dan berintegritas di sektor swasta dengan membangun iklim berusaha yang sehat, kompetitif dan beretika. Kegiatan ini sekaligus menjadi rangkaian terakhir dari seluruh kegiatan Hakordia 2019.

 

Unduh Jadwal Acara

Musik dapat menjadi gawai untuk membangun kesadaran seseorang, dan menggerakkan semangatnya untuk memperjuangkan pesan yang disisipkan dalam sebuah lagu. Layaknya senjata, nada dan kata yang dianyam dengan saksama bisa jadi ampuh dalam ikhtiar memberantas korupsi. Album Suara Antikorupsi (SAKSI) 2019 ini kami dedikasikan sebagai apresiasi bagi para musisi yang setia menyuarakan perlawanannya terhadap korupsi tanpa henti.

Setiap perjalanan akan tiba di sebuah titik, entah itu persinggahan atau pun perhentian. Demikian pula perjuangan dan pergerakan, yang pada saatnya nanti akan menunjukkan hasilnya. Upaya pemberantasan korupsi pun adalah bentuk perjuangan dan perlawanan, yang jika dijalankan sembari menjaga semangat dan integritas niscaya akan membawa kita kepada apa yang dicita-citakan: Indonesia yang bersih dan terbebas dari korupsi.

Harapan dan impian itulah yang tergambar dalam lagu-lagu yang ada di Album Suara Antikorupsi (SAKSI) 2019 ini. Musikalisasi bertema antikorupsi adalah wujud pergerakan para musisi, yang menyampaikan kritik, cita-cita dan doa agar bangsa kita mampu melepaskan diri dari belenggu korupsi.

Album SAKSI 2019 tahun ini sengaja menghadirkan komposisi lagu para musisi yang pernah ikut serta dalam proses seleksi dan audisi Festival SAKSI tahun 2016-2018. Meski saat itu tak terpilih dan dimuat dalam Album SAKSI vol. 1-3, secara kualitas musikal dan pesan karya mereka sangat layak dan perlu disebarluaskan untuk mendukung upaya pemberantasan korupsi.

Semoga barisan lagu yang ada dalam album ini dapat menjadi sumbu penyala semangat kita. Mari lantangkan suara, satukan tenaga, teguhkan daya dan upaya untuk perangi korupsi, demi Indonesia dan generasi masa depan bangsa.

 

Salam Antikorupsi!

Saut Situmorang

Wakil Ketua KPK

Drag and drop files here or Browse

“Cegah Korupsi, Hak Rakyat Kembali” 

Setelah melakukan penilaian secara kuantitatif dan kualitatif terhadap karya-karya peserta kegiatan Apresiasi Jurnalis Lawan Korupsi Tahun 2019, Dewan Juri yang terdiri dari  KPK, Okky Madasari (Penulis) dan Abdul Manan (Ketua Ketua Umum Aliansi Jurnalis Independen) telah menetapkan para pemenang dari masing-masing kategori Jurnalis Profesional maupun Jurnalis Warga. Peringkat pemenang akan diumumkan pada Jumat, 6 Desember 2019 di Gedung Merah Putih KPK. Panitia akan menghubungi para pemenang untuk menginformasikan mengenai detail kegiatan tersebut. Berikut ini adalah daftar pemenang sesuai abjad.

Jurnalis Profesional:

  1. Achmad Syaiful Afandi – LKBN ANTARA TV - “Dukung Pemberantasan Korupsi dengan Kartun”

  2. Aris Novia Hidayat – Tempo - “Anti Korupsi Sejak Dini”

  3. Darmono – Radar Malang - “Gotong Royong Dukung KPK”

  4. Lukmanul Hakim – TV MU - “Dialog Nasional Peringati Hari Anti Korupsi Sedunia”

  5. Marselinus Manek – Vox NTT - “Warga Desa Puluhan Tahun Timba Air Kali, Kades Tasain Malah Bangun Jalan yang Kini Mubazir”

  6. Muhamad Ali – Jawa Pos - “Rakyat Bergerak II”

  7. Mulyadi Aldian Noorman – Sindo Trijaya - “Pungli Benih Korupsi”

  8. Riana Afifah Ibrahim – Kompas - “LHKPN, Kekayaan, dan Korupsi”

  9. Sabir Laluhu – Koran Sindo - “Korupsi Kepada Daerah Sampai Kapan”

  10. Yusup Fatoni – LKBN ANTARA TV - “Rutan Batang dijadikan percontohan”

Jurnalis Warga:

  1. Febriant Abby Marcel Mamesah - “Berantas Korupsi”

  2. Harry Sanjaya Putra - “Cegah korupsi lewat JAGA”

  3. Is Ariyanto - “Menyelamatkan Uang Rakyat Dengan E-Retribusi”

  4. Muhammad Iqbal - “Dukungan sekecil apapun, dibutuhkan KPK”

  5. Nurjadi - “Bangga bertransaksi dengan uang bukan dari hasil korupsi”

  6. Petrus Kanisius Siga Tage - “Oligarki dan Terjungkalnya Upaya Pemberantasan Korupsi di Indonesia”

  7. Retno Septyorini - “Menyelamatkan Ibu Pertiwi Melalui Budaya Anti Korupsi Sejak Dini”

  8. Rilo Pambudi - “Cegah Dini Praktik Korupsi di Tengah Anomali”

*Keputusan juri tidak bisa diganggu gugat.
*Pajak hadiah ditanggung pemenang.

Laporkan hoax yang Anda temukan ke alamat email berikut :

atau, SMS / WhatsApp ke +62-811-9464-644

Atau silakan isi form terlampir. Terimakasih.

PANDUAN MELAPOR

Laporkan hanya berita yang menurut Anda adalah berita bohong / hoax.
Hoax : berita/informasi yang keliru secara fakta.

CONTOH:

Laporkan : “hidung Donald ada tiga” = salah secara fakta
Bukan hoax : “muka Fulan jelek sekali” = opini / pendapat

{chronoforms6}form-view{/chronoforms6}

Pelatihan Jurnalis Lawan Korupsi terbuka untuk jurnalis profesional dan jurnalis warga. Terbatas untuk 30 peserta.
Pendaftaran peserta pelatihan bisa dilakukan melalui email Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya. dengan format sebagai berikut :
Subject Email : DAFTAR PELATIHAN JURNALIS LAWAN KORUPSI
Badan Email :
Nama :
Lokasi :
Jurnalis/Jurnalis Warga :
Email dan no HP :

Ayo berantas korupsi melalui karya! Apresiasi Jurnalis Lawan Korupsi 2019 telah dibuka!  Tak hanya jurnalis profesional, masyarakat juga bisa ikut serta mengirimkan karyanya. Ayo daftar!

Top