Pemberantasan korupsi ibarat sebuah orkestrasi. Tak hanya penindakan yang penting ditekuni, juga ada pencegahan, koordinasi serta supervisi yang perlu diakrabi. Tak hanya oleh penegak hukum yang menggawangi, juga ada masyarakat yang bisa memberi kontribusi. Semua perlu seni, agar membawa kebaikan bagi Pertiwi.

KPK hadir sebagai mekanisme pemicu (trigger mechanism), agar semua pihak tanpa terkecuali turut membantu. Karena itu, agar kian padu, strategi koordinasi dan supervisi bidang pencegahan dan penindakan perlu bersatu. Ia seolah menjadi napas yang menderu, memperbaiki sistem dan menutup celah korupsi di semua penjuru.

Unduh Laporan Tahunan KPK 2019 Bahasa Indonesia

Unduh Lampiran Laporan Tahunan KPK 2019 Bahasa Indonesia

 

 

 

Dua ribu delapan belas bukan tahun yang membuat kami puas. Tak mudah menjadi lembaga yang bernas. Apalagi serangan balik semakin ganas. Mungkin dari koruptor, atau pihak anonim yang masih saja bebas. Maksudnya jelas: membuat gerak kami terbatas, atau terpangkas. Namun rasa takut tak pernah menjadi pilihan.

Unduh Laporan Tahunan KPK 2018 Bahasa Indonesia

Unduh Lampiran Laporan Tahunan KPK 2018 Bahasa Indonesia

Unduh Laporan Tahunan KPK 2018 Bahasa Inggris

Unduh Lampiran Laporan Tahunan KPK 2018 Bahasa Inggris

 

Dan memang, hampir sepanjang 2016, pola seperti itu yang dilakukan KPK. Pada bidang pencegahan, misalnya, KPK membuat banyak terobosan baru. Koordinasi dan Supervisi Bidang Pencegahan
(Korsupgah) pada 2016 dilakukan terintegrasi dengan menggandeng bidang penindakan. Melalui Korsupgah Terintegrasi, KPK bisa menggali lebih banyak data dan fakta di daerah sasaran program.
Akibatnya, KPK bisa mengetahui sumber permasalahan di berbagai daerah sasaran program, sehingga pendampingan yang dilakukan
juga sejalan. Ibarat mengobati penyakit, jika diagnosisnya tepat, maka tepat pula terapi yang diberikan.

Unduh Laporan Tahunan KPK 2016 Bahasa Indonesia 

Unduh Laporan Tahunan KPK 2016 Bahasa Inggris

Seperti tak henti bibir mengucap kata berjuang. Segala yang terjadi di 2017 membuat kami semakin percaya, bahwa langkah ini harus terus berjalan. Kerja keras ini harus kami tingkatkan. Demi Indonesia kita tercinta. Indonesia terdiri lebih dari 250 juta jiwa penduduk. Terbentang luas pulau-pulau dengan 34 provinsi, 415 kabupaten, dan 93 kota. Itu artinya ada gubernur, bupati, dan wali kota dalam jumlah yang sama.KPK bekerja keras dalam upaya mewujudkan Indonesia yang jauh lebih bersih, bebas korupsi. Semua bidang diperbaiki dengan terobosan dan kemudahan-kemudahan yang mendukung upaya pemberantasan tindak pidana korupsi. Tahun ini kami mendapat beberapa ujian yang tentu harus kami lewati bersama tetap

Unduh Laporan Tahunan KPK 2017 Bahasa Indonesia

 

 

Tahun 2015 merupakan sebuah episode yang berat bagi KPK sebagai sebuah lembaga yang telah berusia 12 tahun. Berbagai ujian melanda, semoga menjadi pembelajaran tersendiri agar di kemudian hari, lembaga ini makin dipercaya publik.

Apa sebab seseorang tenggelam? Jawabannya, karena ia tak bergerak. Atau kalau toh pun bergerak, gerakannya tak beraturan sehingga tak berguna apa-apa bagi si empunya. Menjaga konsistensi dan irama gerak, yang kemudian kita sebut sebagai “berenang” itulah, yang lantas mampu menyelamatkan seseorang dari kondisi yang disebut “tenggelam”. Ya, tetap bergerak dalam kondisi seperti itu, merupakan hal penting. Sama halnya yang kami lakukan sepanjang tahun 2015, meski berbagai ujian dan cobaan menerpa. Dalam situasi itu, KPK tetap berupaya menjalankan berbagai program kerja dan kegiatan yang telah ditetapkan sebagai bagian dari komitmen menjalankan amanah dalam perjuangan pemberantasan korupsi.

Unduh Laporan Tahunan KPK 2015 Bahasa Indonesia

 

 

Halaman 1 dari 4
Top