Puncak Peringatan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) Tahun 2023 secara resmi berakhir. KPK berharap sinergi pemberantasan korupsi oleh seluruh pemangku kepentingan dapat terus berlanjut.

“Semoga kita semakin mengokohkan sinergi dalam memberantas korupsi seperti tagline Hakordia tahun  ini yaitu, 'Sinergi berantas korupsi untuk Indonesia Maju',” pesan Eko Marjono Plt. Deputi Bidang Informasi dan Data KPK sekaligus Ketua Pelaksana Peringatan Hakordia 2023 di Istora Senayan Jakarta, Rabu (13/12).

Eko menyebut pemberantasan korupsi bukanlah hal yang mudah dilakukan. Oleh karenanya, Eko mengajak segenap elemen bangsa, mulai dari para Aparat Penegak Hukum (APH), kementerian, lembaga, pemerintah daerah (KLPD), Civil Society Organization (CSO), akademisi, pegiat antikorupsi, dan seluruh masyarakat untuk bersinergi, mengambil peran, dan berkomitmen dalam mewujudkan Indonesia yang bebas dari korupsi.

Dalam sambutannya ia menegaskan bahwa rangkaian kegiatan Hakordia merupakan momentum untuk menebarkan semangat antikorupsi. Ia berharap momentum seperti ini dapat berlanjut dan dilaksanakan kembali di tahun-tahun selanjutnya.

Menutup sambutannya Eko menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak yang terlibat dalam rangkaian peringatan Hakordia 2023 kali ini.

“Terima kasih kepada seluruh Kementerian/Lembaga, serta seluruh stakeholder yang sudah berkenan hadir dan memberikan support-nya sehingga acara Peringatan Hakordia tahun 2023 dapat berjalan dengan baik dan lancar,” kata Eko.

Ucapan terima kasih juga dihaturkan Eko kepada pemerintah Provinsi DKI, Dinas Pendidikan SMA Jambi, Tapaksiapi, dan seluruh panitia yang sudah berpartisipasi pada acara Hakordia.

Pada kegiatan ini, Wakil Ketua KPK Johanis Tanak juga memberikan penghargaan kepada PT. Telkom Indonesia yang telah mendukung pelaksanaan kegiatan Hakordia  2023.

Penutupan Hakordia 2023 juga diisi dengan pemutaran video behind the scene pembuatan lagu antikorupsi KPK “Biasakan yang Benar”. Lagu ini kemudian dibawakan dalam penampilan duet Barsena Bestandhi dan Ify Alyssa. Penampilan band Padi Reborn pun ikut memeriahkan penutupan acara yang dihelat selama dua hari ini.

Penghargaan Integrity Expo Hakordia 2023

Selain side event yang diadakan berbagai direktorat KPK, rangkaian kegiatan HAKORDIA 2023 juga dimeriahkan dengan kegiatan Integrity Expo, yang merupakan pameran antikorupsi dan pelayanan publik.Terdapat total 64 peserta booth yang tersebar ke dalam 7 Zona, antara lain 3 booth Zona KPK, 10 Kementerian, 13 lembaga, 14 BUMN, 11 Pemerintah Daerah, 7 Asosiasi dan 6 Organisasi sektor Pendidikan.

Sebagai apresiasi, Ketua KPK Nawawi Pomolango dan Wakil Ketua KPK Alexander Marwata memberikan secara langsung penghargaan kepada exhibitor (booth) dengan kategori 10 terbaik dan 10 terfavorit. Adapun penilaian juri berdasarkan kreativitas kegiatan, desain estetika, kebersihan dan kerapihan booth, serta kedisiplinan terhadap aturan.

Berikut daftar penerima penghargaan booth dalam rangkaian kegiatan Hakordia 2023:

Daftar Penerima Penghargaan Booth Terbaik

1.PT. Pegadaian

2.Kepolisian Negara Republik Indonesia

3.PT. Pupuk Indonesia

4.Badan Pemeriksa Keuangan

5.Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

6.Kementerian Investasi

7.PT Kereta Api Indonesia

8.Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan

9.PT. Bank Negara Indonesia

10. Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta

Daftar Penerima Penghargaan Booth Terfavorit

1.BPJS Ketenagakerjaan

2. Kementerian Sosial

3. ⁠Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Aceh

4.Bank Indonesia

5.PT. Pertamina

6.BPJS Kesehatan

7.Otoritas Jasa Keuangan

8.Kementerian Keuangan

9.Pemerintah Provinsi Jawa Tengah

10.Universitas Paramadina

Turut hadir dalam acara penutupan ini Sekretariat Jenderal KPK Cahya H Harefa, Deputi Bidang Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan, Deputi Bidang Pendidikan dan Peran Serta Masyarakat KPK Wawan Wardiana, Direktur Pelaporan Tomi Murtomo, Kepala Biro Umum KPK Yonathan Demme Tangdilintin, Kepala Biro Humas KPK Yuyuk Andriati Iskak, dan Kepala Biro Sumber Daya Manusia KPK Zuraida Retno Pamungkas, serta seluruh pengisi kegiatan Hakordia 2023

Top