Rangkaian kegiatan Anti-Corruption Summit-4 (ACS 2020) didahului dengan pameran virtual yang bisa diakses melalui tautan https://acsummit.kpk.go.id/exhibition/ yang berlangsung tanggal 16 sampai 26 November 2020.

Pameran virtual  ini melibatkan berbagai pihak, diantaranya sejumlah universitas di Indonesia dan lembaga swadaya masyarakat yang memiliki perhatian terhadap pendidikan dan penelitian.

Direktur Pembinaan Jaringan Kerja Antar Komisi dan Instansi (PJKAKI) KPK Sujanarko menyebut di pameran virtual Anti-Corruption Summit-4 2020, masyarakat bisa mendownload literatur dan hasil kajian, melihat  video terkait pendidikan anti korupsi, dan membaca ringkasan penelitian dari 11 perguruan tinggi yang akan  tampil di rangkaian webinar ACS-4.

“Kita bisa belajar bagaimana pendidikan, penelitian, informasi dan data, bisa menjadi senjata ampuh untuk melawan korupsi. Nanti masyarakat juga bisa mengikuti rangkaian webinar-nya,” jelas Sujanarko.

Terdapat sejumlah rangkaian kegiatan ACS-4 2020 yang telah dilakukan, diantaranya penelitian bersama dengan tema besar ACS “Quo Vadis Pemberantasan Korupsi”. Tema tersebut kemudian diturunkan dalam enam tema penelitian yaitu Penegakan Hukum, Demokrasi dan Kepemiluan, Sumber Daya Alam, Ekonomi dan Keuangan Negara, Hak Asasi Manusia, dan Perspektif Gender.

KPK telah menerima 134 proposal penelitian pada pertengahan tahun ini dan telah terpilih 10 proposal terbaik yang diseleksi oleh 16 orang ahli di bidangnya. Dia menambakan dengan adanya penelitian bersama ini, diharapkan dapat menghasilkan konsep, pendekatan, dan solusi terbaik bagi pemberantasan korupsi dari rekan-rekan akademisi di berbagai daerah di Indonesia.

“Sasaran dari ACS 2020 nantinya adalah dapat tersusun rencana kerja kolaborasi perguruan tinggi berdasarkan hasil penelitian bersama serta tersusunnya prosiding ber-ISBN bagi 10 penelitian terbaik,” katanya.

Sebelumnya telah dilakukan kegiatan diskusi online, bedah buku, serta seminar hasil 10 penelitian terbaik sebagai rangkaian acara menuju Konferensi Puncak ACS yang akan digelar 18-19 November 2020 melalui Youtube KPK.

Top