Komisi Pemberantasan Korupsi

Halaman Utama / Publikasi

Laporan Tahunan KPK 2013

Perjalanan KPK selama tahun 2013 adalah suatu persembahan untuk bunda pertiwi – negeri tercinta. Semoga saja, persembahan dari seluruh elemen KPK ini akan disertai oleh suatu kesadaran agar kiprahnya tak hanya bermakna tetapi juga berpijak dan berpucuk pada tujuan akan keberadaanya. Ada Sejumlah langkah strategis yang dilakukan KPK dalam kurun waktu 2013 sebagai bagian dari persembahan pada negeri, di antaranya:

KPK terus mendorong pemberian sanksi yang tegas agar terjadi akumulasi efek jera bagi pelaku tindak korupsi sekaligus diharapkan dapat meredam siapapun untuk tidak berurusan dengan kejahatan korupsi. Pada konteks ini, KPK dalam merumuskan dakwaan kian mengintensifkan penggunaan kombinasi UU Tipikor dan UU Pencucian Uang dengan tuntutan yang makin maksimal serta juga menerapkan pidana tambahan.

KPK juga tengah memasuki proses transformasi pemberantasan korupsi melalui dua program strategis. Kelak pencegahan tidak sekedar program pada sektor kementerian dan lembaga Negara. Fakta menunjukkan bahwa keluarga kerap menjadi basis utama yang memproduksi pelaku kejahatan korupsi. Oleh karena itu, KPK menginisiasi program Membangun Budaya Anti Korupsi Berbasis keluarga. Hal strategis lainnya, KPK tengah memasuki era baru kampanye korupsi yang lebih agresif dan masif dengan dibangunnya “Kanal KPK” suatu radio Streaming. Melalui KanalKPK, lembaga ini akan dapat menjangkau masyarakat lebih luas, langsung, real time atas program anti korupsi.

Dalam konteks konsolidasi sumber daya manusia juga melakukan berbagai program strategis. Gagasan untuk membangun arsitektur sumber daya manusia KPK sudah dimulai. Penyempurnaan kode etik, perumusan dan pelaksanaan survei integritas, dan penanganan pelanggaran etik mendapatkan perhatian yang sangat penting. Last but not the least, KPK telah memulai “ground breaking” untuk pembangunan gedung baru KPK. Kelak diharapkan gedung dimaksud bukan hanya hanya tempat berkarya yang representaif bagi seluruh staf KPK, tetapi gedung KPK diharakpan akan menjadi "Graha Kebangsaan" dan "Tenda Kepedulian" tempat bersemayamnya suatu oase yang akan menggerakan potensi seluruh kompetensi dan kehormatan untuk mewujudkan suatu Indonesia Baru, yang Bersih dan Bebas dari Korupsi.

Unduh Laporan Tahunan KPK 2013

Laporan Tahunan KPK 2012

laptah2012Tahun 2012 KPK fokus melakukan pencegahan secara terintegrasi dalam satu "Paket Pencegahan KPK", yakni dalam rangka membangun Sistem Integritas Nasional (SIN) sesuai dengan fokus area pada masing-masing fase. Pencegahan diawali dengan kajian komprehensif terhadap peraturan atau prosedur yang potensial terjadi korupsi. Selanjutnya, akan diberikan rekomendasi/saran perbaikan. Tak kalah penting, adakah saran itu terlaksana atau hanya berhenti pada wacana. Nah, KPK akan mengawal hingga tuntas. Tak hanya itu, pencegahan yang terintegrasi juga mencakup kegiatan koordinasi dan supervisi. Pencegahan, berupa kegiatan pelaksanaan koordinasi dengan instansi yang melaksanakan usaha-usaha pencegahan korupsi serta supervisi layanan publik.

Di sektor penindakan, dari sisi kualitas kasus yang ditangani, maka capaian penindakan itu sebenarnya sudah dapat dikategorikan di atas rata-rata. Yang dimaksud kualitas ini di antaranya kategori kasus yang ditangani serta pelakunya, termasuk grand corruption dan menjadi perhatian publik. Dari sisi kecepatan penanganan kasus, semua mahfum, ada problem. Namun problemnya bukan pada ketidakmampuan penyidik menangani kasus, tapi karena ada faktor non-teknis yang tidak bisa diduga. Misalnya, tiba-tiba penyidik yang harus kembali ke instansi asal dalam jumlah besar. Jelas ini memperlambat proses. Kekurangan penyidik, bagaimanapun tidak bisa dianggap angin lalu. Satu penyidik bisa menangani 5-6 kasus bahkan sampai 12, jelas sangat tidak ideal.

Jika kita komparasi dengan lembaga pemberantasan korupsi lain, misalnya di Asia, maka betapa minim jumlah yang kita miliki. Di Malaysia jumlah pegawai 3.000, penyidik sekitar 2.000. Padahal, jumlah penduduk Malaysia hanya 25 juta. Semua kendala dan tantangan yang muncul, tak menyurutkan langkah. Justru melahirkan kreativitas dalam mengatasinya. Sepanjang berpegang teguh pada semangat yang terus menyala, demi mewujudkan Indonesia yang bebas dari korupsi.

Unduh Laporan Tahunan KPK 2012

Laporan Tahunan KPK 2011

laptah2011Tahun 2011 pantas dicatat sebagai tahun yang penuh optimisme. Komisi Pemberantasan Korupsi berhasil menyelamatkan aset sektor migas senilai Rp153,6 triliun yang wujudnya berupa helikopter, rumah, kapal tanker, dan aset lainnya.

Hal ini sekaligus membuktikan efektifnya bidang pencegahan dalam kerangka pemberantasan korupsi. Bermula dari kajian yang dilakukan pada BP Migas sejak 3 tahun lalu, dilanjutkan dengan rekomendasi dan kemudian muncul upaya penyelamatan keuangan negara.

Fungsi trigger mechanism yang dimiliki KPK sesuai dengan amanah Undang-Undang pada tahun 2011 ini diterapkan melalui peran kordinasi dan supervisi pencegahan. Hasil kerja sama dengan berbagai kementerian dan lembaga, seperti Kementerian Keuangan,

Pusat Pelaporan Analisa dan Transaksi Keuangan (PPATK), Mahkamah Konstitusi, dan Kementerian Dalam Negeri menjadi bukti sinergi dan jalinan komunikasi antarlembaga yang dijalankan oleh KPK seluas-luasnya.

Tak kalah menariknya, pada 2011 KPK mulai merangkai jalinan baru dengan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) mengadakan focus group discussion (FGD) dengan semua fraksi yang ada demi peningkatan kapasitas kelembagaan. Melalui kegiatan ini, serangkaian tanya-jawab, dialog, diskusi, dan kampanye antikorupsi dilakukan agar mereka sadar hukum, sadar terhadap adanya penyimpangan, sehingga siap menghindar jika suatu saat dihadapkan pada penyimpangan.

Tak hanya di bidang pencegahan. Di bidang penindakan, tahun 2011 KPK menjalin kerja sama yang lebih intens dengan kejaksaan dan kepolisian. Dinamika di bidang penindakan pun tak kalah menarik. KPK menjalin kordinasi-supervisi yang tak hanya difokuskan di tingkat pusat, tetapi juga di daerah.

Jalin kerja sama, tegakkan hukum! KPK tak akan bisa sendiri berjuang demi tegaknya hukum di negeri tercinta ini. Dukungan masyarakat, media, dan juga lembaga penegak hukum lainnya tentu diperlukan untuk satu tujuan yang sama.

Unduh Laporan Tahunan KPK 2011

Laporan Tahunan KPK 2010

laptah2010Tahun 2010 dilalui dengan penuh tantangan. Setidaknya, badai yang menerpa sejak 2009 terkait tuduhan yang ditujukan kepada pimpinan KPK, ternyata belum benar-benar berakhir pada tahun ini. Ketidakpastian dan ketidak-jelasan membuat konsentrasi kerja sedikit banyak menjadi terpengaruh. Syukurlah kondisi tersebut kini mulai mendekati saat-saat akhir. Ketidakpastian mulai menyingkir sehingga fokus kerja pun kembali.

Tantangan berat lainnya bernama ekspektasi publik yang begitu tinggi. Harapan demi harapan yang digantungkan di pundak KPK untuk mengungkap kasus-kasus yang menjadi perhatian publik, menjadi tantangan tersendiri.

KPK menyikapi positif ekspektasi tadi. Meski ada beberapa yang direfleksikan melalui aksi unjuk rasa, kritikan, atau bahkan caci-maki, namun sejatinya itulah wujud ekspektasi itu sendiri. Bagi KPK, semua adalah manifestasi dari harapan-harapan besar masyarakat. Itulah penyemangat kerja KPK, yang disikapi dengan kesungguhan dan kerja keras dalam upaya pemberantasan korupsi.

Tantangan lainnya datang dari kondisi internal di KPK. Jumlah sumber daya manusia yang terbatas sungguh tidak sebanding dengan ruang lingkup dan luasnya wilayah yang menjadi tugas KPK. Pun dengan sarana dan prasarana yang dimiliki, khususnya gedung perkantoran yang mulai kewalahan menampung pegawai dan dokumen-dokumen kerja yang dibutuhkan dalam pelaksanaan tugas pemberan-tasan korupsi.

Meski demikian, sungguh, KPK sangat bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, bahwa di tengah badai yang be-lum benar-benar reda dan berbagai kendala lainnya, KPK bisa melaksanakan tugas dengan baik. Bahkan, sejumlah perubahan, terobosan, dan kerja sama penting yang signifkan dalam upaya pemberantasan korupsi, dilakukan KPK pada tahun ini.

Unduh Laporan Tahunan KPK Tahun 2010

Laporan Tahunan KPK 2009

laptah2009Puluhan tahun lamanya, bangsa ini sudah berupaya sedemikian rupa dalam memberantas korupsi . Puluhan tahun pula sejarah berbicara tentang marak dan dahsyatnya perlawanan yang muncul terhadap upaya pemberantasan korupsi.

Bak mengusik harimau tidur, pemberantasan korupsi pun mengusik orang-orang yang telah lama terlena dan menikmati hasil dari perilaku koruptif mereka. Karena itulah, sebagai upaya untuk mempertahanankan kenyamanan dan kemapanan yang telah mereka miliki, berbekal uang dan jejaring yang dimiliki, perlawanan sengit dilakukan terhadap upaya-upaya pemberantasan korupsi dan orang-orang yang secara gigih menyuarakannya.

Perlawanan yang sama, juga dialami Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Sejak dilahirkan pada 29 Desember 2003 dengan diamanati Undang-undang Nomor 30 Tahun 2002, sudah banyak upaya-upaya yang ingin menggagalkan KPK dalam menggapai visi mewujudkan Indonesia yang bebas dari korupsi. Beberapa kali kewenangan KPK dipertanyakan dan digugat. Bahkan, beberapa kali pula seruan untuk membubarkan KPK beredar secara luas di media massa.


Memasuki 2009, cobaan yang harus dihadapi KPK semakin luar biasa dan cukup menyita perhatian. Tersangkutnya salah seorang pimpinan KPK dengan masalah hukum, ternyata coba dimanfaatkan oleh anasir-anasir jahat untuk mengail di air keruh. Akibatnya, KPK harus berbagi konsentrasi dalam waktu rentang waktu yang cukup panjang antara melaksanakan tugas pemberantasan korupsi yang diemban dengan menyikapi cobaan yang menerpa ini.

Meski begitu, tak sedikit pun keraguan dan ketakutan muncul. Tekad dan integritas yang terpatri untuk tetap berjuang memberantas korupsi, terus diwujudkan dalam tindakan nyata di tengah prahara yang menghadang.

Atas berkat rahmat Tuhan yang Maha Kuasa, akhirnya secara berangsur-angsur, cobaan itu terlampaui. Untuk selanjutnya, segala hal yang menimpa ini akan menjadi pengalaman yang sangat berharga ke depannya.

Unduh Laporan Tahunan 2009

Info Kontak

Gedung KPK

Jln. HR Rasuna Said Kav. C1 Kuningan
Jakarta Selatan 12920
Telp: (021) 2557 8300
Faks: (021) 5289 2456
Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.