Komisi Pemberantasan Korupsi

Laporan Tahunan KPK 2015

Tahun 2015 merupakan sebuah episode yang berat bagi KPK sebagai sebuah lembaga yang telah berusia 12 tahun. Berbagai ujian melanda, semoga menjadi pembelajaran tersendiri agar di kemudian hari, lembaga ini makin dipercaya publik.

Apa sebab seseorang tenggelam? Jawabannya, karena ia tak bergerak. Atau kalau toh pun bergerak, gerakannya tak beraturan sehingga tak berguna apa-apa bagi si empunya. Menjaga konsistensi dan irama gerak, yang kemudian kita sebut sebagai “berenang” itulah, yang lantas mampu menyelamatkan seseorang dari kondisi yang disebut “tenggelam”. Ya, tetap bergerak dalam kondisi seperti itu, merupakan hal penting. Sama halnya yang kami lakukan sepanjang tahun 2015, meski berbagai ujian dan cobaan menerpa. Dalam situasi itu, KPK tetap berupaya menjalankan berbagai program kerja dan kegiatan yang telah ditetapkan sebagai bagian dari komitmen menjalankan amanah dalam perjuangan pemberantasan korupsi.

Di bidang penindakan, misalnya, sejumlah terobosan terus dilakukan dalam upaya pemberantasan korupsi. Di tengah keterbatasan jumlah penyidik, KPK tetap berupaya bekerja
optimal. Salah satu tanda, KPK berhasil melakukan operasi tangkap tangan sebanyak lima kali pada 2015. Di samping melakukan 84 kegiatan penyelidikan, 99 penyidikan, dan 91 kegiatan penuntutan, baik kasus baru maupun sisa penanganan pada tahun sebelumnya. Selain itu juga melakukan eksekusi terhadap 33 putusan pengadilan yang telah berkekuatan hukum tetap. Dari penanganan perkara, lebih dari 198 miliar rupiah telah dimasukkan ke kas negara dalam bentuk PNBP. Di bidang pencegahan, KPK berupaya melibatkan diri, terutama pada sektor strategis. Misalnya saat KPK meluncurkan Program Pilkada Berintegritas guna mendorong terealisasinya pilkada berintegritas yang dilakukan secara serentak di sejumlah daerah. KPK bersinergi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), baik di tingkat pusat maupun daerah. Dalam rangka sosialisasi program tersebut, KPK menggandeng KPU provinsi, Bawaslu provinsi, tokoh masyarakat, akademisi, dan pers di 9 kota besar.

Unduh Laporan Tahunan KPK 2015 Bahasa Indonesia

Info Kontak

Gedung KPK

Jln. Kuningan Persada Kav. 4
Jakarta Selatan 12950
Telp: (021) 2557 8300
Faks: (021) 5289 2456
Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.