Komisi Pemberantasan Korupsi kembali menerbitkan Jurnal Integritas Volume 06 Nomor 02 edisi Desember 2020 yang mengangkat tema Pelayanan Publik dan Pemberantasan Korupsi. sebanyak 11 tulisan dimuat dalam jurnal kedua yang diterbitkan KPK pada tahun 2020.

Plt. Kepala Biro Humas Yuyuk Andriati menyebutkan tema pelayanan publik diangkat dalam jurnal integritas karena pelayanan publik merupakan sektor pemerintahan yang langsung bersentuhan dengan publik sekaligus menjadi salah satu indikator kepercayaan publik. Selain itu menurutnya pelayanan publik berdasarkan Survei Penilaian Integritas (SPI KPK 2019) menjadi salah satu sektor yang rawan praktik korupsi.

“Harapannya, dengan mengangkat tema pelayanan publik, kita bisa memantik diskursus pemberantasan korupsi dari berbagai perspektif terkait pelayanan publik,” ungkapnya.

Lebih lanjut Yuyuk menerangkan terdapat 60% pegawai di instansi peserta SPI mengatakan bahwa informasi terkait pelayanan belum tersedia dengan lengkap. Bahkan lebih dari 90% pengguna layanan merasa informasi yang disediakan mengenai prosedur, persyaratan, dan biaya pelayanan di instansi masih dirasa tidak jelas.

“Adapun motif masyarakat tidak bisa menghindari penggunaan calo dalam pelayanan publik adalah keinginan untuk mempermudah urusan layanan,” terangnya.

Sebelumnya, KPK membuka pendaftaran klinik penulisan Jurnal yang dilaksanakan secara daring pada 15-29 Oktober 2020. Kelas klinik ini menghadirkan dua mentor kelas yaitu dosen Pengajar Universitas Sumatera Utara Prof. Dr Ningrum Natasya dan Dosen Pengajar Universitas Islam Indonesia dan Mantan Penasehat KPK 2013-2015 Drs. Suwarsono Muhammad.

“Sebanyak 20 tim penulis dari berbagai latar belakang mengikuti Klinik Penulisan Jurnal Integritas tersebut, dari jumlah tersebut 8 tulisan terpilih terbit dalam jurnal integritas volume 06 Nomor 02,” jelas Yuyuk.

Selain dari Klinik Penulisan Jurnal, KPK juga menerima 13 naskah dari publik, namun dari hasil penilaian redaktur dan mitra bestari, hanya 3 naskah yang akhirnya terbit besama 8 naskah sebelumnya di Jurnal Integritas tersebut.

Selengkapnya, Jurnal Integritas Edisi terbaru bisa diakses melalui lamana berikut : https://jurnal.kpk.go.id/index.php/integritas.

Top