Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menerima kunjungan Collie F. Brown Country Manager and Liaison to ASEAN dari United Nation Office on Drugs and Crime atau UNODC untuk membahas kelanjutan kerja sama yang telah terjalin selama ini dengan KPK terkait pencegahan dan pemberantasan korupsi.

Pada kesempatan tersebut Ketua KPK Firli Bahuri bersama empat Wakil Ketua KPK lainnya Alexander Marwata, Lili Pintauli Siregar, Nawawi Pomolango dan Nurul Ghufron menyambut baik kunjungan dan menyatakan komitmen yang sama dengan UNODC terkait kerja sama ke depan.

“Kita akan meningkatkan kerja sama ke depan dengan fokus kepada pembangunan kapasitas untuk pegawai KPK. Di bidang penegakan hukum, kami berharap kerja sama dapat mendukung penanganan perkara terkait TPPU atau korupsi sektoral seperti SDA. Selain itu, tidak kalah penting bagaimana upaya pencegahan untuk mengubah perspektif dan budaya antikorupsi,” kata Firli dalam tanggapannya di Gedung KPK, Jalan Kuningan Persada Kav 4, Jakarta Selatan, Jumat (17/1).

Selain berkenalan dengan Pimpinan KPK yang baru, Brown mengatakan akan terus mendukung KPK seperti yang selama ini UNODC lakukan sejak 2007.

"Karena KPK adalah lembaga antikorupsi yang efektif dalam memberantas korupsi. Karena framework inilah, KPK sering kali menjadi mentor untuk lembaga antikorupsi di regional,” ucapnya.

Sebelumnya pada Selasa (14/1) Brown telah menemui Dewan Pengawas KPK dan membahas sejumlah penguatan yang akan dilakukan bersama untuk mendukung pelaksanaan tugas Dewas.

(Humas)

Top