Memasuki tahun keempat Jurnal Antikorupsi INTEGRITAS telah hadir sebagai wadah yang menampung beragam gagasan dan kajian ilmiah tentang antikorupsi dari berbagai disiplin ilmu.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus meningkatkan program-program pencegahan dan melalui INTEGRITAS dapat menjadi satu alat tersendiri bagi pencegahan antikorupsi di bidang literasi.

Total ada tujuh buku Jurnal Antikorupsi INTEGRITAS yang sudah terbit dan menjadi tambahan sitasi atau rujukan ilmiah bagi para akademisi dan peneliti dari berbagai bidang disiplin ilmu terkait antikorupsi. Kepala Biro Humas Febri Diansyah mengajak bagi siapa saja yang memiliki minat dalam meneliti untuk dapat mengirimkan karya ilmiahnya sejauh mengenai antikorupsi, “Kami bahkan berharap yang mengirimkan artikelnya datang dari peneliti-peneliti muda, ini juga bisa jadi triggerbagi mereka untuk meningkatkan jam terbang dalam penulisan karya ilmiah,” ujarnya.

Febri Diansyah yang dikenal sebagai Juru Bicara KPK juga menginformasikan mengenai perkembangan Jurnal Antikorupsi INTEGRITAS yang diterbitkan resmi oleh KPK saat ini sedang dalam proses akreditasi di Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Republik Indonesia. Akreditasi ini nantinya bermanfaat bagi para peneliti yang karyanya dimuat, bisa meningkatkan nilai tambah (value added) dirinya sebagai seorang peneliti yang kredibel.

Dalam Jurnal Antikorupsi INTEGRITAS sudah ditentukan tema di setiap edisinya. Terbit dua kali dalam setahun, edisi pertama tahun ini mengangkat tema Politik, Pemilu, dan Korupsi, dan memuat sebelas artikel ilmiah yang telah tersaring lebih dari dua puluh artikel yang mendaftar. Meski demikian, Febri mengatakan para peneliti muda dapat mengirimkan karya ilmiahnya mengenai antikorupsi meskipun bukan dalam tema yang sedang diangkat, “Kami membutuhkan tulisan-tulisan itu, seperti sains soal antikorupsi kan sangat jarang. Nanti tim INTEGRITAS akan menampungnya untuk diterbitkan dalam edisi selanjutnya. Jadi kepada para peneliti khususnya kaum muda, jarang ragu, ayo kirim karya ilmiah mu,” terang Febri.

Prosedur pengiriman karya sangatlah mudah, informasi detil mengenai bidang keilmuan, format karya semua dapat dilihat di situs https://jurnal.kpk.go.id, untuk selanjutnya tim Jurnal Antikorupsi INTEGRITAS akan menghubungi para pengirim karya mengenai lolos atau tidaknya sebuah karya.

(Humas)

Top