Komisi Pemberantasan Korupsi

PENYUAP RUDI RUBIANDINI DIADILI

img4b468b3eb7f47img4b468b3eb7f47CEO PT Kernel Oil Pte Ltd Widodo Ratanachaitong disebut memberikan uang US$ 200 ribu dan US$ 900 ribu kepada Rudi Rubiandini, yang ketika itu menjabat Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas).

Dalam sidang perdana terdakwa Komisaris PT Kernel Oil Pte Ltd Indonesia Simon Gunawan Tanjaya di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi pada Kamis pekan lalu, jaksa menyatakan Widodo bersama Simon menyerahkan uang suap itu lewat Devi Ardi, pelatih golf Rudi. Jaksa penuntut umum Surya Nelli menjelaskan, warga negara Singapura itu menyuap agar perusahaannya menang dalam enam tender minyak mentah dan kondensat bagian negara yang diselenggarakan SKK Migas.

Kasus suap US$ 700 ribu terhadap Rudi Rubiandini ini berawal dari penangkapan Rudi, Devi Ardi, dan Simon oleh Komisi Pemberantasan Korupsi pada 13 Agustus lalu. Pengacara Widodo, Rudy Alfonso, mengatakan uang suap itu bukan dari kliennya, melainkan dari orang lain. ”Siapa orang itu, klien saya belum terbuka,” kata Rudy. Sedangkan juru bicara KPK, Johan Budi S.P., mengakui bahwa Widodo belum diperiksa. ”Penyidik menilai dakwaan atas Simon bisa dilakukan tanpa keterangan Widodo,” ujarnya.

Sumber: Majalah Tempo, 11 November 2013


Informasi dan Pengetahuan Terkait:

 

Add comment

Security code
Refresh

Info Kontak

Gedung KPK

Jln. HR Rasuna Said Kav. C1 Kuningan
Jakarta Selatan 12920
Telp: (021) 2557 8300
Faks: (021) 5289 2456
Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.