Komisi Pemberantasan Korupsi

Halaman Utama / Berita

KPK Berjuang usut Penyelewengan Dana Pajak

JAKARTA - Pintu masuk Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menelusuri kasus-kasus penyelewengan pajak dipotong dulu sebelum dilakukan. Akibatnya, penyidik KPK terganggu dalam penelusuran kerugian negara dari dugaan korupsi sektor perpajakan, seperti yang yang terjadi pada kasus Hadi Poernomo. KPK tidak akan menyerah dan terus berjuang.

"Dalam kasus HP (Hadi Poernomo) ini kan audit investigasi cuma 3,75 miliar rupiah, (tapi) di penyidikan bisa sampai 2,5 triliun rupiah, itu kan banyak," kata Jaksa KPK, Yudi Kristiana dalam diskusi 'Membedah Penanganan Perkara di KPK' yang digelar di gedung KPK, Jakarta, kemarin.

Anggota DPR Adriansyah Terima Suap

Marketing Manager PT Mitra Maju Sukses, Andrew Hidayat, didakwa menyuap anggota Komisi IV DPR dari Fraksi PDI-P, Adriansyah sebesar 1 miliar rupiah. Suap dilakukan agar Adriansyah membantu pengurusan perizinan usaha pertambangan di Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan.

Hakim Tipikor Tolak Keberatan Eks Direktur Pengolahan Pertamina

Pengadilan Tipikor Jakarta tancap gas menuntaskan kasus suap pembelian bensin bertimbal, tetra ethyl lead (TEL) pada akhir 2004 dan 2005 melalui PT Sosgih, sebagai agen Innospec Ltd ke PT Pertamina.

DALAM putusan sela, Majelis Hakim yang diketuai Casmaya, menolak seluruhnya nota keberatan yang diajukan bekas Direktur Pengolahan PT Pertamina Suroso Atrnomartoyo, selaku terdakwa.

Menurut hakim Casmaya, dakwaan kesatu maupun kedua yang dirumuskan Jaksa Penuntut Umum (JPU) KPK telah memenuhi syarat formil dan materiil.

Umrah Ibadah Suci, tidak Layak Dikotori

JAKARTA - Kementerian Agama prihatin dengan temuan KPK soal adanya transaksi korupsi dengan memanfaakan ibadah umrah untuk menghindari jeratan KPK. Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah Kementerian Agama Abdul Djamil mengatakan, umrah merupakan ibadah suci bagi umat Islam. Sehingga, dalam pelaksanaannya tidak layak jika dikotori dengan niat yang lain selain untuk beribadah.

"Jadi, orang umrah niat ke sana mesti tulus hanya untuk kepentingan ibadah bukan kepentingan lain. Agar ibadahnya tidak rusak karena niat lain selain umrah," ujar Abdul Djamil kepada Republika, Senin (29/6).

Ironis, Puasa Tak Cegah Korupsi

ilustrasi-korupsi1ilustrasi-korupsi1JAKARTA - Ramadan bisa memaksa umat muslim menahan nafsu, terutama dari makan dan minum. Tapi bagaimana dengan nafsu untuk korupsi? Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi sementara, Johan Budi Sapto Prabowo, mengungkapkan selama ini lembaganya menangkap koruptor sebanyak empat kali pada saat Ramadan. "Bahkan kami pernah menangkap orang di malam takbiran di Jawa Tengah," kata Johan dalam diskusi antikorupsi Muhammadiyah bertajuk "Puasa Korupsi?", di kantor Muhammadiyah, kemarin.


Terakhir kali KPK menggelar operasi tangkap tangan kasus korupsi adalah pada Sabtu dua pekan lalu, hari ketiga Ramadan. Kala itu, KPK menggagalkan dugaan upaya suap senilai Rp 2,56 miliar yang melibatkan pejabat pemerintah daerah dan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan.

Info Kontak

Gedung KPK

Jln. HR Rasuna Said Kav. C1 Kuningan
Jakarta Selatan 12920
Telp: (021) 2557 8300
Faks: (021) 5289 2456
Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.