Komisi Pemberantasan Korupsi

Halaman Utama / Berita

KPK Lantik Sekjen dan Kepala Biro Umum Baru

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Raharjo melantik dan mengambil sumpah dua pejabat baru di lingkungan KPK. Keduanya adalah Raden Bimo Gunung Abdul Kadir sebagai Sekretaris Jenderal, dan Syarief Hidayat sebagai Kepala Biro Umum. Pelantikan yang dilangsungkan di Auditorium KPK, Kamis (10/2), ini dihadiri oleh pejabat struktural dan pegawai KPK. Turut hadir pula Kepala Kepala Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Ardan Adipradana, pejabat struktural BPKP; Staf Ahli Kementerian Keuangan beserta pejabat struktural Kementerian Keuangan.

“Hari ini kita menyaksikan pelantikan dua pejabat penting di lingkungan Sekretariat Jenderal, dimaksudkan untuk segera menyiapkan supporting system di KPK. Sebentar lagi kita akan pindah tugas, ini menjadi beban saudara berdua. Segera harus bisa melakukan langkah-langkah supaya bangunan (Gedung Baru KPK) kita sesuai, smart, green dan secure bisa kita wujudkan,” ujar Agus Raharjo usai melantik.

KPK Serahkan Ratusan Dokumen Perkara ke ANRI

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo menyerahkan ratusan dokumen perkara kepada Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) di Jakarta pada Rabu (3/2). Sebanyak 135 berkas perkara periode 2004-2009 diterima langsung Kepala ANRI Mustari Irawan.


Dengan begitu, kata Agus, publik bisa mengakses dan mengetahui kinerja KPK, utamanya di bidang penindakan dalam penanganan perkara tindak pidana korupsi. “Publik perlu tahu. Mudah-mudahan perjalanan KPK ini bisa menjadi bahan ajaran, sehingga masyarakat bisa menilai, KPK apakah KPK sudah profesional, transparan dan bisa diandalkan atau belum,” katanya.

Dunia Kesehatan Tolak Gratifikasi

Saya akan membaktikan hidup saya guna kepentingan perikemanusiaan;
Saya akan memberikan kepada guru-guru saya penghormatan dan pernyataan terima kasih yang selayaknya;
Saya akan menjalankan tugas saya dengan cara yang berhormat dan ber­moral tinggi, sesuai dengan martabat pekerjaan saya;
Kesehatan penderita senantiasa akan saya utamakan;

Ini merupakan sebagian lafal “Sumpah Dokter” yang harus diucapkan sebelum diangkat menjadi dokter secara resmi. Dengan begitu, seseorang tentu saja akan terikat secara moral dalam mengemban tugas yang mulia untuk kemanusiaan.

Di Malang, Ribuan Perempuan Jadi Agen Antikorupsi

Ribuan perempuan di Kota Malang, Jawa Timur, ditargetkan menjadi agen antikorupsi oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Mereka yang berasal dari berbagai latar belakang, seperti aktivis perempuan, pegiat sosial, dosen, guru, hingga mahasiswi, mengikuti kampanye dan sosialisasi pencegahan korupsi pada prgram Saya Perempuan Anti Korupsi (SPAK). Program SPAK, menghendaki sosok perempuan yang menjadi inspirasi di lingkungan keluarga dan sosialnya, dengan menebar pesan antikorupsi.

Pelaksana Harian (Plh) Juru Bicara KPK Yuyuk Andriati Iskak mengatakan, kegiatan tersebut dimotori 50 agen SPAK yang telah dilatih sejak Agustus 2015. “Mereka berkampanye menggunakan beragam media, seperti brosur, buku, film, dan film animasi,” kata Yuyuk di Malang, pada Jumat, (29/1).

2015, Bus Antikorupsi Jangkau 7.000 Orang

Bus Anti Corruption Learning Centre (ACLC) adalah inovasi baru Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam strategi pendidikan antikorupsi. Prinsip bus ini, bergerak secara bebas dan mengunjungi masyarakat secara langsung. Sepanjang 2015, bus ini telah menjangkau sebanyak 7.674 orang di lima kota besar, antara lain Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Palembang, dan Kupang.

Tak hanya mahasiswa dan pelajar, bus ini juga menjangkau aktivis organisasi masyarakat, komunitas, dan aparatur negara di Ombudsman, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), serta pemerintah daerah di lima kota tersebut.

Menurut Direktur Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat (Dikyanmas) KPK Sujanarko, bahwa pencapaian jumlah pengunjung bus ini sudah cukup memuaskan. Ke depan, inovasi akan terus dilakukan demi penyebaran pesan antikorupsi yang lebih luas. “Pembelajaran antikorupsi harus dengan cara yang inovatif, agar mampu menjangkau seluruh lapisan masyarakat,” katanya.

Info Kontak

Gedung KPK

Jln. HR Rasuna Said Kav. C1 Kuningan
Jakarta Selatan 12920
Telp: (021) 2557 8300
Faks: (021) 5289 2456
Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.