Komisi Pemberantasan Korupsi

Halaman Utama / Berita

KPK Lantik 41 Pegawai Baru

Sebanyak 41 pegawai baru Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dilantik pada Senin (15/12) di Gedung KPK, Jakarta. Ke-41 pegawai baru ini terdiri dari 24 pegawai yang direkrut melalui program rekrutmen Indonesia Memanggil 8 dan 17 pegawai negeri yang dipekerjakan.

Dalam sambutan pada acara pengambilan sumpah, Wakil Ketua KPK Zulkarnain berpesan agar para pegawai baru dapat mengemban amanah dengan baik. Sebab, menurut Zulkarnain, tantangan KPK ke depan dalam pemberantasan korupsi, semakin kompleks.

Gandeng KPK, Kementerian Luar Negeri Buktikan Komitmen Antikorupsi

Sekali merengkuh dayung, dua-tiga pulau terlampaui. Kira-kira, begitulah pribahasa yang mewakili semangat Kementerian Luar Negeri dalam upaya memberantas korupsi di lingkungannya. Menggandeng Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Menteri Luar Negeri Retno Marsudi meneken tiga dokumen dalam upaya pencegahan korupsi di kementerian yang dipimpinnya pada Selasa (16/12) di Jakarta, di hadapan Ketua KPK Abraham Samad dan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Yuddy Chrisnandi. Tiga dokumen itu antara lain, pakta integritas, pencanangan pembangunan zona integritas dan program pengendalian gratifikasi.

Ini Dia Pemenang ACFFest 2014!

Masih dalam rangkaian peringatan Hari Anti Korupsi Internasional, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengumumkan sejumlah pemenang Festival Film Anti Korupsi (Anti Corruption Film Festival/ACFFest) 2014.

Dewan juri yang terdiri dari Arturo Guna Priyatna, Alex Komang, Wahyu Aditya, Totot Indrarto, dan Vivian Idris, Ary Nugroho, Dedie A. Rachim dan Nanang Farid Syam, akhirnya memutuskan film “Adit & Sopo Jarwo Ojek Payung Bikin Bingung” karya Wardana Riza dari Jakarta, sebagai pemenang untuk kategori Film Animasi. Sementara untuk kategori Film Pendek Dokumenter Pelajar, dimenangkan oleh film berjudul “Robohnya Sekolah Kami” karya Uli Retno Dewanti dari Purbalingga.

IPK Indonesia Naik Dua Poin

Transparency International kembali merilis Indeks Persepsi Korupsi (Corruption Perception Index) pada Rabu (3/12) di Jakarta. Hasil survai menempatkan Indonesia pada urutan 109 dengan skor 34 dari skala 100. Angka ini lebih baik dua poin dari tahun sebelumnya, yang menempatkan Indonesia pada urutan ke-114 dengan skor 32.

Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Bambang Widjojanto yang hadir dalam kegiatan tersebut mengatakan, skor ini akan dijadikan semacam cerminan untuk melakukan evaluasi atas serangkaian program penindakan dan pencegahan yang telah dilakukan.

Teater Pelajar Suntikkan Pesan Antikorupsi

Ada 10 teater yang tampil dalam tiga hari helatan Festival Antikorupsi 2014 pada pekan lalu, 21-23 November di GOR Bulungan, Jakarta Selatan. Semua personel teater itu, berusia relatif masih muda yang berasal dari SMA dan organisasi kepemudaan di Jadebotabek. Mereka mengemas pesan antikorupsi dalam sebuah pertunjukan gerak, mimik, suara dan bunyi.

Dalam perspektif Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), pemberantasan korupsi harus melibatkan semua elemen bangsa. Tak terkecuali kaum muda yang identik dengan semangat yang bergelora dan kreativitas yang nyaris tanpa batas. Karena itu pula, upaya pencegahan korupsi, pada khususnya, harus disajikan dalam kemasan yang apik, agar mudah dinikmati masyarakat.

Info Kontak

Gedung KPK

Jln. HR Rasuna Said Kav. C1 Kuningan
Jakarta Selatan 12920
Telp: (021) 2557 8300
Faks: (021) 5289 2456
Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.